+62 811-8300-996

Follow Us:

Kiat Sukses Menggelar Konferensi Internasional : Akselerasi Peningkatan Jabatan Profesi Dosen

Tim Penyusun:

  1. Dr. Ir. Hj. Umi Rusilowati, M.M.
  2. Dr. Dra. Suryari Purnama, MM
  3. Dr. Anggy Giri Prawiyogi M.Pd., M.Sn
  4. Dr. Sri Watini, M.Pd
  5. Asst. Prof. Dr. Muna Azuddin
  6. Wahyu Hidayat, S.Kom
  7. Adam Faturahman, S.Kom., M.T.I
  8. Marviola Hardini, S.Kom., M.T.I
  9. M Saiful Hadi S.ST
  10. Muhamad Yusup, M.Kom
  11. Sheila Aulia Anjani
  12. Muchlishina Madani, S.Kom

Tim Editor:

  1. Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM
  2. Ora Plane Maria Daeli

Bab ini membuka tirai dengan sebuah perjalanan mendalam ke dalam dunia menggelar konferensi internasional sebagai kunci akselerasi peningkatan jabatan profesi dosen. Seperti buku yang menciptakan panduan inovatif untuk kurikulum Bisnis Digital, bab ini menawarkan lebih dari sekadar petunjuk praktis; ia adalah cerita yang mengisahkan bagaimana sebuah konferensi dapat menjadi pendorong utama dalam memajukan karier akademis.

Pertama-tama, kita dihadapkan pada pemahaman mendalam mengenai esensi konferensi internasional dan peran krusialnya dalam memajukan jabatan profesi dosen. Bab ini memandu pembaca melalui proses perencanaan yang matang, dari pemilihan tema yang memikat hingga strategi pemasaran yang membangun keinginan partisipasi.

Setelah itu, kita diajak menyusuri pembentukan konferensi secara bertahap dan berkelanjutan, mirip dengan cara kurikulum Bisnis Digital dikembangkan dengan hati-hati. Konferensi dipandang sebagai sumber informasi berharga, seperti buku tentang kurikulum, dalam merinci proses perencanaan yang mendalam di ranah bisnis digital yang terus berkembang pesat.

Pada bagian kurikulum bisnis digital, pembaca diperkenalkan pada rencana pembelajaran yang disusun dengan cermat, sejalan dengan pendekatan pada buku tentang Bisnis Digital. Kurikulum ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang tak hanya relevan tetapi juga mendalam di era bisnis digital. Materi pembelajaran mencakup konsep bisnis konvensional hingga elemen-elemen kritis dari era digital, seperti Artificial Intelligence.

Paralel dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bisnis digital, bab ini mendorong Perguruan Tinggi untuk mendukung program ini melalui pembelajaran praktis dan proyek-proyek yang relevan. Mahasiswa didorong untuk terlibat dalam pemasaran produk digital, pengembangan solusi teknologi, dan bahkan merancang serta mengelola toko online pribadi mereka.

Selanjutnya, bab ini memaparkan pentingnya Tracer Study sebagai alat evaluasi kompetensi lulusan, sejalan dengan buku yang membahas evaluasi kurikulum. Data Tracer Study menjadi dasar untuk evaluasi konferensi, menyarankan perguruan tinggi untuk terus menyempurnakan acara berdasarkan masukan dari pemangku kepentingan.

Bab ini tidak hanya membahas potensi lulusan Bisnis Digital dalam perspektif pasar kerja yang semakin terhubung secara digital, tetapi juga mengeksplorasi bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mengelola, mengembangkan, dan menginisiasi inovasi di dunia bisnis yang mengutamakan teknologi digital sebagai pilar utamanya.

Pada bagian akhir, bab memberikan gambaran tentang landasan perancangan dan pengembangan konferensi. Proses ini disarankan berdasarkan pada landasan hukum dan peraturan, seiring dengan buku yang menekankan pentingnya landasan hukum dalam pengembangan kurikulum.

Bab ini diakhiri dengan harapan bahwa kontribusi dari konferensi internasional dan Program Studi Bisnis Digital dapat membawa dampak nyata bagi kemajuan bangsa dan negara. Pembaca dipandu untuk melibatkan pemangku kepentingan dan memastikan implementasi konferensi yang sesuai dengan perkembangan terkini dalam bisnis digital. Sinergi antara universitas, industri, dan pemerintah diharapkan dapat membawa dampak positif dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul di era bisnis digital yang terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2023 by Bidang Penerbitan dan Jurnal