Penulis :
Cicilia Sriliasta Bangun, ST., MT
Universitas Esa Unggul
Hamzah Muhammad Mardi Putra, S.K.M., M.M.
Universitas Pelita Bangsa
Riya Widayanti, S.Kom, MMSI
Universitas Esa Unggul
Dr. Chandra Lukita, S.E., MM.
Universitas Catur Insan Cendekia
Prof. Dr. Ir. Untung Rahardja, M.T.I., MM.
Universitas Raharja
Prof. Drh. Bambang Pontjo Priosoeryanto, M.S., Ph.D, APVet
Institut Pertanian Bogor
Husni Teja Sukmana, S.T., M.Sc, Ph.D
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Tri Widyatmoko
Bank Negara Indonesia
Dr. Dra. Suryari Purnama, MM.
Universitas Esa Unggul
Maulana Yusuf, S.Kom
Universitas Raharja
Anandha Fitriani
Universitas Raharja
Ora Pertiwi Daeli
Universitas Raharja
Editor :
Assoc. Prof. Qurotul Aini, S.Kom., M.T.I
Universitas Raharja
Sondang Visiana Sihotang
Universitas Raharja
Buku ini adalah pengetahuan awal sebelum menyusun kurikulum Bisnis Digital agar lebih udah memahami dalam meninterpretasikan hasil akhir suatu kurikulum yang sesuai standar OBE/KKNI/SKKNI. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti), menyatakan bahwa standar kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi tersebut diwujudkan dalam bentuk capaian pembelajaran lulusan (CPL). Lembaga Pendidikan tinggi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditentukan dalam kurikulumnya. Latar belakang penulisan buku ini adalah untuk memberi pegangan kepada Perguruan. Tinggi Program studi Bisnis digital di Indonesia yang mulai Jenjang Sarjana (S1). Buku ini menjelaskan konsep dasar dan teknik penyusunan pemetaan kurikulum dengan menggunakan matriks dari pendukung pelaksanaan kurikulum secara manual serta dilengkapi dengan contoh-contoh pemetaan aktual yang dapat digunakan dalam penelitian kuantitatif. Kami berharap kepada perguruan tinggi di Indonesia, buku ini dapat menjadi pendamping penyusunan kurikulum yang lebih memudahkan dalam memahami metode Pendekatan kurikulum Outcome Based Education (OBE).